Jajanan Pasar Nusantara


Jenis jajanan tradisional ini ada sangat banyak. Daftar berikut ini hanya sebagiannya saja. Mungkin salah satunya ada yang berasal dari daerahmu.

1. Kue Serabi



Jajanan Pasar - Kue Serabi
resepmenumasak.com

Serabi atau Surabi ada dua jenis, yaitu serabi manis yang menggunakan kinca dan serabi asin dengan taburan oncom yang telah dibumbui diatasnya. Di Bandung, serabi biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas.
Kadangkala telur ayam yang telah dikocok ditambahkan ke atas adonan serabi yang sedang dimasak. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang terus berinovasi dengan menambahkan berbagai toppingseperti sosis, keju, dan mayones.
Tempat yang menyajikan serabi dengan berbagai variasi rasa tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Bogor.

2. Srabi Solo



Jajanan Pasar - Srabi Solo
kuliner123.com

Srabi Solo atau Serabi Solo adalah Serabi khas dari Solo (Surakarta), Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang mirip panekuk, rasanya gurih.
Biasa juga diberi taburan berupa potongan pisang, nangka atau bahkan meses dan keju bila suka. Srabi yang terkenal berasal dari daerah Notokusuman, yang sering disingkat menjadi Notosuman (Srabi Notosuman).

3. Kue Lumpur



Jajanan Pasar - Kue lumpur
kusukasuka.com

Kue lumpur adalah jajan pasar yang termasuk penganan ringan. Bahan utamanya yaitu santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Sebagai pewangi digunakan vanila dan seringkali diberi hiasan kismis dan kelapa muda iris di permukaannya. Kue ini tergolong dalam kue basah sehingga tidak tahan disimpan lama.

4. Klepon



Jajanan Pasar - Klepon
bluewallpaperhd.com

Klepon kadang juga disebut onde-onde manis. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih.
Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

5. Kerak Telor



Jajanan Pasar - Kerak Telor
jakpost.travel

Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi). Bahan-bahan pembuatnya yaitu beras ketan putih, telur bebek, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

6. Kue Mangkok



Jajanan Pasar - Kue Mangkuk
id.pinterest.com

Kue mangkok adalah penganan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong yang dimasak dengan cara dikukus. Bentuknya seperti mangkok dan mekar pada ujungnya. Kue yang biasa dijual di pasar tradisional ini diperkenalkan oleh imigran dari Tiongkok selatan, yang kemudian mengalami indigenisasi.

7. Kue Lapis



Jajanan Pasar - Kue Lapis
twicsy.com

Disebut kue lapis karena biasanya kue ini terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis. Kue ini banyak ditemui di daerah-daerah di Indonesia. Kue ini dibuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna.
Kue ini dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Pewarna yang digunakan untuk kue lapis bisa terdiri dari pewarna makanan buatan atau pewarna alami. Pewarna yang sering digunakan adalah pandan (hijau) dan sirup bunga mawar (merah).

8. Kue Lapis Legit



Jajanan pasar nikmat kue lapis legit
beautifully-indonesia.blogspot.com

Kue lapis legit adalah jenis kue basah yang bentuknya berlapis-lapis dengan aroma bumbu yang harum. Kue ini terbuat dari adonan tepung dan telur.

9. Lumpia



para pecinta jajanan pasar suka ini
flickr.com

Lumpia dikenal sebagai makanan khas Semarang. Makanan ini berupa lembaran tipis dari tepung gandum yang dijadikan kulit lalu digunakan sebagai pembungkus isian yang dapat berupa rebung, telur, sayuran segar, daging, atau makanan laut. Makanan ini dibuat dengan cara digoreng dan biasanya disajikan bersama saus atau cabai.

10. Kue Putu



Kue Putu
tezar.blogspot.com

Kue putu merupakan kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam. Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan. Kebanyakan warna dari kue putu ini adalah putih dan hijau.











Comments

Popular posts from this blog

7 Kuliner Nusantara yang Terbuat dari Olahan Mie ;)

5 Aneka Minuman Segar Nusantara :3

5 Ragam Bolu Khas Nusantara :*